PA Maumere
PA Maumere
text

PA Maumere Raih Predikat A Excellent dalam Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan Agama

Admin , 2018-07-16

(Kiri ke Kanan; Ketua PA Ende, Waka PA Kalabahi, Ketua PTA NTT, Ketua PA Maumere. Foto:AI)

Setelah melewati tahapan panjang guna memperoleh sertifikat akreditasi, PA Maumere akhirnya ditetapkan sebagai salah satu dari 132 Pengadilan Agama seluruh Indonesia yang menerima sertifikat akreditasi pada periode I Tahun 2018. Istimewanya, PA yang berada di wilayah PTA NTT ini meraih predikat “A (Excellent)”.

Kepastian tersebut didapat setelah Mahkamah Agung secara resmi mengumumkannya dalam gelaran acara “Penyerahan Sertifikat Akreditasi Penjaminan Mutu 4 (empat) Lingkungan Peradilan” yang dilaksanakan pada tanggal 13 Juli 2018 di Ballroom Borneo Hotel Novotel Kota Balikpapan Kalimantan Timur.

Dalam acara yang dihadiri oleh para Ketua Kamar, Pejabat Eselon I, dan II dilingkungan Mahkamah Agung, serta Ketua Pengadilan Tingkat Banding dan Ketua Pengadilan Tingkat pertama dari 4 (empat) lingkungan pengadilan se-Indonesia yang meraih sertifikat Akreditasi Penjaminan Mutu, Ketua Mahkamah Agung, Prof. Dr. H. M. Hatta Ali, SH., MH. menyerahkan sertifikat kepada 6 (enam) Pengadilan Tinggi, 13 (tiga belas) Pengadilan Tinggi Agama, 91 (sembilan puluh satu) Pengadilan Negeri, 132 (seratus tiga puluh dua) Pengadilan Agama/ Mahkamah Syariyah, 12 (dua belas) Pengadilan Tata Usaha Negara, dan 7 (tujuh) Pengadilan Militer.

Ketua PA Maumere, Awaluddin, SHI., MH., yang turut hadir sekaligus menerima langsung sertifikat tersebut dari Ketua MA tidak bisa menyembunyikan kebahagiaannya atas capaian yang diraih PA Maumere, “keberhasilan tersebut merupakan keberhasilan seluruh pegawai PA Maumere tanpa terkecuali”, demikian


Rakimin Syarif, S.Ag, Sekretaris sekaligus Kuasa Pengguna Aggaran PA Maumere sangat mensyukuri hasil yang didapat oleh PA Maumere. Ia merasa hasil kerja keras dan pengorbanan seluruh pegawai PA Maumere baik tenaga, fikiran dan finansial selama proses penilaian terbayarkan dari hasil penilaian Tim Asessor Eksternal yang telah memberikan predikat tertinggi dalam akreditasi penjaminan mutu Pengadilan Agama. Senada dengan Rakimin, Sriyani HN, S.Ag., MH., Wakil Ketua sekaligus Ketua SAPM PA Maumere menyampaikan bahwa hasil yang didapat oleh PA Maumere bukanlah akhir dari perjuangan, tetapi justru merupakan awal bagi segenap komponen PA Maumere untuk benar-benar mengimplementasikan standar mutu yang telah ditetapkan untuk mempertahankan predikat A Excellent tersebut. (Humas/AI)