PA Maumere
PA Maumere
text

SIDANG KELILING PENGADILAN AGAMA MAUMERE TAHUN 2018 DI PULAU KOJAGETE

admin , 2018-10-04

Kegiatan Sidang Keliling Pengadilan Agama Maumere merupakan salah satu cara untuk melaksanakan misi Pengadilan dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat pencari keadilan dan Kegiatan ini juga merupakan implementasi dari asas peradilan sederhana, cepat dan biaya ringan.

Dalam sidang keliling perdana Pengadilan Agama Maumere ditetapkan di Dusun Nebura, Desa Kojagete, Kecamatan Alok Timur Kabupaten Sikka. Berdasarkan SK  Ketua Nomor W23-A9/461/HK.008/08/2018 tanggal 29 september 2018, dengan menyidangkan 8 perkara isbat nikah, adapun pihak yang berperkara pada umumnya adalah warga dusun Nebura yang berprofesi sebagai petani serta nelayan.  

Kegiatan yang diawali dengan Sambutan Kepala Desa Kojagete, menyampaikan terima kasih kepada Pengadilan Agama Maumere selain sangat membantu masyarakat didesa Kojagete dalam mendapatkan kepastian Hukum tentang pernikahan yang selama ini tidak mempunyai kekuatan Hukum serta memberikan pendidikan dan wawasan baru bahwa menikah seharusnya dicatat  menurut administrasi Pemerintahan yang benar.

 

Dalam sambutannya, Ketua Pengadilan Agama Maumere Bapak Awaluddin, S.H.I., M.H menyampaikan kepada Masyarakat Desa Kojagete Itsbat nikah yang dilaksanakan oleh Pengadilan Agama Maumere karena pertimbangan mashlahah bagi umat Islam di Pulau Kojagete khususnya Dusun Nebura. Itsbat nikah sangat bermanfaat bagi umat Islam untuk mengurus dan mendapatkan hak-haknya yang berupa surat-surat atau dokumen pribadi yang dibutuhkan dari instansi yang berwenang serta memberikan jaminan perlindungan kepastian hukum terhadap masing-masing pasangan suami istri.Semoga dengan pelaksanaan kegiatan Isbat Nikah dapat membantu penduduk pulau Kojagete yang mana keterbatasan sarana Transportasi laut serta mahalnya biaya transportasi laut adalah merupakan masalah utama didalam persoalan ini, selanjutnya kegiatanpun dilanjut dengan agenda persidangan 8 perkara istbat nikah yang sudah memenuhi syarat administrasi untuk disidangkan.

Berita Lainnya