HEADERWEB3

 

Selamat Datang Di Website Resmi Pengadilan Agama Maumere, Kami siap Memberikan Pelayanan yang Prima Untuk Anda...

Written by Super User on . Hits: 25

hakim baru

 

Maumere, 15/06/2020, Hakim baru Pengadilan Agama Maumere mengikuti pembinaan yang diadakan PTA Nusa Tenggara Timur, sesuai dengan surat nomor : W23-A/884/PP.00.1/VI/2020 tanggal 09 Juni 2020 perihal pembinaan hakim baru Pengadilan Agama sewilayah Pengadilan Tinggi Agama Nusa Tenggara Timur melalui media telekonferensi di ruangan command center pengadilan Agama Maumere.

Pembinaan yang dilaksanakan tepat pukul 10:30 WITA tersebut diikuti oleh semua hakim baru dari 13 (tiga belas) Pengadilan Agama yang berada di wilayah yuridiksi Pengadilan Tinggi Agama Nusa Tenggara Timur, dalam kegiatan ini diawali dengan perkenalan seluruh hakim baru sewilayah NTT dan dilanjutkan penyampaian materi pembinaan yang dibagi menjadi 2 materi, Pertama, Pembinaan Yustisial, dan materi Kedua, adalah Pembinaan Non Yustisial

KPTA Nusa Tenggara Timur, Dr. Dra. Sisva Yetti, S.H., M.H. dalam Penyampaian Materi Yustisial, memfokuskan bagaimana Admisnistrasi Perkara bisa terlaksana dengan baik maka segenap hakim baru dituntut harus teliti dalam memperhatikan tanggal pembuatan surat Gugatan/permohonan harus setelah tanggal surat kuasa, paling tidak bersamaan tanggalnya, pada tanggal pendaftaran perkara harus sama dengan tanggal pembayaran di Bank, dan hakim-hakim muda dituntut juga harus teliti dalam memeriksa pembuatan surat Kuasa, PMH (Penetapan mejelis Hakim), PHS (Penetapan hari Sidang), PPP (Penunjukan Panitera Pengganti), PJS/PJSP (Penunjukan Jurusita/Jurusita Pengganti), Pemanggilan Pihak di Luar Negeri, Teknis Pemeriksaan Perkara, Pemeriksaan Alat Bukti sampai dengan Penyelesaian Perkara. Lanjutnya” Seluruh PA dilingkungan Pengadilan Tinggi Agama Nusa Tenggara Timur sudah dapat menerima perkara berbasis elektronik ( E Court ) sebagaimana PERMA Nomor 1 Tahun 2019, untuk implentasinya dapat terlaksana dengan baik seluruh PA diwilayah NTT dapat agar sebisa mungkin melakukan konsultasi dengan PA Denpasar yang sudah banyak menerima perkara secara E Court dan PA Denpasar salah satu pengadilan yang ditunjuk sebagai percontohan pelaksanaan uji coba Administrasi Pengadilan Secara Elektronik.

Materi non yustisial, dalam penyampaian oleh YM WKPTA Nusa Tenggara Timur, Drs. H. Abdullah, S.H., M.H. terkait PERMA Nomor 7 tahun 2016 tentang Penegakan Disiplin Kerja Hakim Pada Mahkamah Agung dan Badan Peradilan dibawahnya, PERMA nomor 8 tahun 2016 tentang Pengawasan dan Pembinaan Atasan Langsung di Lingkungan Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di Bawahnya, PERMA nomor 9 tahun 2016 tentang Pedoman Penanganan Pengaduan (Whistleblowing system) di Mahkamah Agung dan Badan Peradilan yang berada dibawahnya, dan Maklumat Ketua Mahkamah Agung nomor 1 tahun 2017.

Add comment


Security code
Refresh

Alamat Kami

kantor

Jln. Diponegoro, Kel.Wolomarang
Kec.Alok Barat Kab.Sikka - NTT 86115
Telp. (0382) 21134 / 23514
Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Website : pa-maumere.go.id

noname